Bentuk dan help mobil selalu berubah-ubah, tapi ada satu hal yang   nyaris abadi, logo.Banyak  pongid menasbihkan diri sebagai pecinta mobil tertentu, namun   hanya  sedikit pongid yang benar-benar peduli maksud dan sejarah dari trademark    mobil kesayangan.Logo tak hanya sekedar simbol identitas seeable  suatu produk otomotif.   Tapi, trademark punya fungsi penting --  memperkenalkan produk ke pasar dunia.Ada tiga tipe trademark mobil yang kini dikenal, berbentu simbol, teks,   maupun kombinasi antarkeduanya.Yang  jelas, ada maksud tertentu atau kisah di balik sebuah trademark yang   bisa  membuat penasaran. Ini cerita dan fakta menarik di balik trademark    mobil-mobil crowning dunia.Mercedes Benz 
Logo bintang segitiga Merc!  edes punya arti khusus -- dominasi perusahaan   yang meliputi darat, laut, dan udara.Sedangkan  nama Mercedes berasal dari seorang pengusaha Oesterreich dan   pecinta  otomotif, Emil Jellinek. Dia memiliki seorang anak bernama   Mercedes.Jellinek  tak hanya menjual mobil Daimler-Motored-Gesellschaft (DMG)   namun  berpartisipasi dalam balap locomote pertama di Jerman. Saat itu dia    mengendarai kendaraan yang dibuat DMG di balik nama samarannya,    Mercedes.Saat itu, Mercedes merujuk ke nama tim dan pengemudi.  Namun, saat ini   Mercedes adalah hasil integration dua perusahaan mobil,    Daimler-Motored-Gesellschaft atau  DMG, yang didirikan oleh  Gottlieb    technologist dan Wilhelm Maybach, serta Benz & Cie, yang didirikan oleh    Karl Benz.Logo saat ini, bintang dalam lingkaran, diperkenalkan untuk pertama   kalinya di 1937.Audi
Insinyur Jerman, August Hoch mendirikan!   perusahaan A. Horc & Cie   pada 1899.Satu  dekade kemudia!  n, dia t erpaksa hengkang dari perusahaan yang    didirikannya. Tak patah arang, bersama patner bisnisnya, Franz    Fikentscher, dia mendirikan perusahaan baru.Ketika mendiskusikan  nama perusahaan barunya, putra Fikentscer yang   sedang belajar Bahasa  dweller di sudut ruangan menanyakan arti 'audiatur   et altera pars'  [bukankah ide bagus untuk menyebutnya Audi bukannya   Horch?]Kata  'Horc' adalah singkatan dari kata 'mendengar' dalam Bahasa Jerman.    Sementara Audi adalah kata latin yang juga berarti 'mendengar'.Kemudian, pada 1932, empat perusahaan yakni, Audi, Hoch, DKW, dan   Wanderer integration menjadi satu perusahaan, Auto Union.Kemudian  dipilihlah trademark berupa empat cincin yang bertautan, simbol   penyatuan  empat perusahaan yang jadi kebanggaan sekaligus rahmat bagi   mereka  hingga saat ini.BMW
Logo  lain yang menarik perhatian adalah BMW. Berwujud lingkaran terbagi!      empat dengan dua warna, putih dan biru langit berselang-seling.Itu melambangkan baling-baling pesawat yang berputar di langit biru.Simbol  itu relevan dengan sejarah BMW sebagai pemasok utama mesin   pesawat  terbang, misalnya 'Red Baron' untuk pemerintah Jerman selama   Perang  Dunia I.Pada 1918, ketika perang dunia berakhir, pemerintah Jerman menghentikan   permintaan mesin pesawat pada BMW.Kondisi  tak punya pilihan saat itu, justru membuat BMW berkreasi. Arah   bisnis  berubah. Perusahaan tersebut mulai dengan membuat rem kereta api,    lalu sepeda bermotor, sepeda motor, dan lalu mobil -- yang mendunia.Chevrolet
Ada  dua kisah mengenai trademark Chevrolet, 'bowtie'. Yang pertama, pendiri    perusahaan, William C historiographer terinspirasi kertas pelapis dinding di    sebuah hotel di Perancis. Dia merobeknya untuk dijadikan logo.Versi  cerita berbeda datang da!  ri istrinya. Dikatakan, inspirasi symbolisation    bowtie data!  ng dari  sebuah surat kabar Colony -- ketika mereka berlibur    di daerah Hot Springs, Virginia, sekitar tahun 1912.Ferrari
Simbol 'Cavallino Rampante'  a.k.a. kuda jingkrak Ferrari ternyata punya   cerita menarik.Simbol  itu aslinya adalah symbolisation maternity penerbang Italia dalam Perang   Dunia  Kedua. Simbol itu dipakai juga Franceco Baracca -- penerbang   Italia  yang gugur dalam perang.Ketika Enzo Ferrari memulai perusahaan  mobil miliknya, dia  menggunakan   trademark tersebut  di mobil balap Alfa  Romeo, atas dorongan pongid tua   Baracca.Kemudian, 'kuda  jingkrak' tak hanya dipasang di mobil Ferrari.   Popularitasnya melebihi  yang diperkirakan. Kini, trademark Ferrari bisa   ditemukan di sepeda, kaos,  dan apapun yang bisa dibayangkan.Ford
Logo  mobil asal Amerika Seri!  kat ini sederhana, dengan huruf 'Ford' yang    ditonjolkan. Logo ini telah digunakan lebih dari 50 tahun.Bentuk huruf ini diperkenalkan Harold Wills -- rekan dekat speechmaker Ford.Ketika remaja, Wills mencari uang dengan membuat kartu nama.Ketika  rekannya, speechmaker author mencari trademark untuk perusahaannya, Wills    menyodorkan ordered cetakan tuanya dan help huruf yang digunakan di masa    remajanya untuk mencetak kartu nama.Pada 1912, lingkaran conic  ditambahkan dalam trademark Ford. Pada 1927, trademark   juga mengalami  perkembangan, warnanya menjadi biru. Logo terakhir --   conic biru ini  dirilis 2003 untuk menghormati 100 tahun author Motor   Company.Lamborghini
Beberapa trademark mobil mencerminkan selera herb pemilik. Salah satunya trademark   'banteng mengamuk' di Lamborghini.Pendiri perusahaan, Ferrucio Lamborghini adalah penggila  matador,   sampa!  i-sampai memilihnya sebagai trademark perusahaan mobilnya.Bany!  ak mobil  Lamborghini yang diberi nama tsine yang telah mendapatkan   penghargaan dalam event-event dunia.Renault
Perusahaan  Renault didirikan oleh gladiator Renault ketika baru berusia 21   tahun.  Logo pertama perusahaan adalah tiga huruf depan Renault   bersaudara,  Louis, Ferdinand, dan Marcel.Perusahaan ini juga punya trademark  khusus untuk cell militer -- setelah cell   ringan produksi perusahaan  Renault, FT-17 digemari selama Perang Dunia   I.Logo bentuk  berlian diperkenalkan pada tahun 1925 dan didesain ulang   pada tahun  1972 oleh desainer terkenal Victor Vasarely. Logo yang   berlaku saat  ini, berlian dikelilingi persegi kuning adalah simbol   kualitas.Volkswagen
Sederhana  tapi mengena, itu yang menggambarkan trademark mobil Volkswagen.   Logo VW  adalah adala!  h satu trademark mobil yang fencing sederhana dan cepat   dikenal  di dunia.Logo berbentuk V di atas huruf W dengan latar belakang lingkaran warna   biru.Volkswagen dalam Bahasa Jerman berarti 'mobil rakyat'.Logo ini diperoleh dari hasil kompetisi yang dimenangkan Franz   Reimspiess.Volkswagen punya latar belakang sejarah menarik -- dimulai pada 1930-an,   epoch fascist Jerman.Adalah  ide potentate untuk memulai produksi mobil dengan harga terjangkau   untuk  masyarakat. potentate dan Gercinand Porsche mengeluarkan ide mobil    kumbang Volkswagen yang bisa membawa dua pongid dewasa dan tiga anak    kecil.Namun, pabrik pembuat mobil kumbang lebih banyak  memproduksi kendaraan   militer ketimbang mobil untuk rakyat -- membuka  kedok di balik maksud   potentate sebenarnya.Volvo
Volvo berarti 'saya berputar' dalam bahasa latin. Kata Volvo berasal   dari kata latin 'volvere' yan!  g berarti berputar.Logo Volvo adalah  simbol kuno untuk besi -!  - yakni  lingkaran dengan anak   panah menunjuk ke atas secara diagonal ke kanan.Simbol ini juga merepresentasikan 'Mars' dewa perang. Mobil Volvo juga   secara tradisional dikenal untuk fitur keselamatan.Simbol kuno besi digunakan untuk juga mencerminkan tradisi kuat industri   besi Swedia.Logo  Volvo terpasang di atas latar belakang biru.Pasca kekalahan Jerman dalam perang, Inggris mengambil alih pabrik   Volkswagen dan mencoba menjualnya.Awalnya, orang-orang menolak desain kumbang VW, yang dianggap inferior.Namun, VW berhasil membuktikan dirinya, Volkswagen Beetle menjadi salah   satu mobil terlaris di dunia.Hyundai
Perusahaan  mobil peninsula Selatan ini memiliki shibboleth 'Drive your way' ini   memiliki  trademark huruf 'H' dikelilingi bentuk conic -- menggambarkan   keinginan  kuat perusahaan untuk mendunia.Huruf H yang miring dan bergaya,  juga menggambarkan simbol dua pong!  id --   representasi perusahaan dan  pelanggan -- sedang berjabat tangan.Toyota
Dari kejauhan, trademark Toyota mirip  huruf 'T' yang berarti 'Toyota'.Namun, jika diamati lebih dekat, trademark mobil Jepang itu terdiri dari tiga   bentuk oval.Dua  conic yang saling bertautan menyerupai huruf 'T' merepresentasikan    hubungan saling menguntungkan dan saling mempercayai antara pelanggan    dan Toyota.Latar belakang conic yang lebih besar menggambarkan  perkembangan kemajuan   teknologi dan kesempatan tak terbatas bagi  perusahaan untuk terus  maju. sumber Yahoo
No comments:
Post a Comment